Ikuti Twitter Kami :

7 Cara Jitu Menangkis Diabetes

TwitterFacebook

7 Cara Jitu Menangkis Diabetes

Indonesia merupakan negara ke-4 di dunia untuk penduduk terbanyak yang terkena penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sulit untun disembuhkan namun mudah untuk terkenanya.

Mudahnya orang terkena penyakit ini karena pola hidup masyarakat kita yang sekarang sudah jauh dari sehat dan lebih mementingkan keinginan sesaatnya yang ternyata berujung pada mudahnya penyakit masuk salah satunya diabetes.

Beberapa cara sebenarnya mudah dilakukan agar tidak terkena penyakit ini, salah satunya adalah 7 cara yang cukup jitu untuk menangkal diabetes yang kami kutip dari http://health.detik.com.

Menurutnya, meskipun tak dapat disembuhkan, penyakit diabetes melitus tipe 2 dapat dicegah dengan mudah. Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, menerapkan gaya hidup sehat akan dapat meminimalkan risiko terjangkitnya diabetes.

Secara global, kasus diabetes terus mengalami kenaikan, terutama di negara berkembang. Di Indonesia sendiri, data dari WHO tahun 1985 menyebutkan sebanyak 1,7% penduduk Indonesia mengalami diabetes. Namun pada tahun 2007, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan jumlahnya mengalami kenaikan menjadi 5,7% atau sekitar 12 juta penduduk.

"Diabetes dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat sebab pada dasarnya dapat dicegah. Olahraga yang rutin dan mengurangi makan-makanan berkalori tinggi akan membantu menangkis diabetes," kata Prof Sarwono Waspadji dari Divisi Metabolik-Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI ketika dihubungi detikHealth, Rabu (29/8/2012).

Ada banyak cara untuk mencegah atau meminimalisir risiko diabetes. Berbagai cara tersebut antara lain;

1. Olahraga teratur
Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin sehingga membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Dengan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelahnya.

Berolahraga 3-4 kali seminggu selama 20 - 40 menit akan sangat bermanfaat menangkal diabetes. Selain itu, olahraga seperti aerobik dan fitness juga dapat menjaga berat badan tetap ideal.

2. Menjaga berat badan agar tetap ideal
Sebagian besar penderita diabetes mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Kelebihan berat badan dan lemak tubuh ternyata dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

3. Jangan sampai makan berlebih (overnutrisi)
Nutrisi yang berlebihan merupakan faktor risiko utama yang dapat menyebabkan diabetes. Semakin banyak kelebihan nutrisi, semakin besar kemungkinan terserang diabetes. Seimbangkan asupan makanan dengan memperbanyak makan buah dan sayuran.

4. Hindari stres
Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres kortisol. Hormon ini meningkatkan detak jantung serta mengirim glukosa ke dalam darah untuk diubah menjadi energi bagi otot. Yang paling penting, stres akan membuat orang jadi makan banyak. Ujung-ujungnya, dapat menyebabkan kegemukan yang berisiko diabetes.

5. Cukup istirahat dan tidur
Istirahat dan tidur yang cukup pada dasarnya merupakan mekanisme untuk mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, istirahat yang cukup juga ampuh meredakan stres.

6. Hindari polusi
Polusi udara banyak mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Adanya radikal bebas ini dapat memperburuk fungsi sel, serta memicu diabetes dan kerusakan pembuluh darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa polusi dapat memicu resistensi insulin dan meningkatkan kadar lemak di perut dan organ internal.

7. Lakukan pemeriksaan kesehatan
Usia muda sekitar 25 tahun biasanya merupakan masa-masa mulai berkembangnya diabetes atau prediabetes. Oleh karena itu, kadar gula darah perlu diperiksa sebulan sekali, terutama bagi orang-orang yang berisiko dan memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes. (pah/ir)

 
TwitterFacebook
Gentong Mas Call Center

Call center 14047

Tips Hari Ini

Langkah mengurangi tekanan pada otot- otot dan jaringan perut (abdomen) yang akan menyebabkan hernia: Menjaga berat badan ideal, konsumsi makanan berserat tinggi, hindari dari mengangkat benda berat, berhenti merokok, obati penyakit yang akan menimbulkan rangsang tekanan di perut misalnya: batuk lama, penyumbatan saluran kencing.

Daftar apotek gentong mas
.